Assalamualaikum Wr.Wb

Agama yang paling sempurna di muka bumi ini ialah agama Islam , sebagaimana Allah menegaskannya dalam wahyu terakhirnya pada Rasulullah saw.
Yaitu surah al-Maidah : 3
yang artinya :
........ " pada hari ini orang - orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka , tetapi takutlah kepada ku . Pada hari ini telah aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah kucukupkan kepadamu nikmat - Ku , dan telah Ku-ridai islam itu jadi agamamu ...... "
tadi saya telah menjelaskan bahwa islama adalah agama yg sempurna. Nah , termasuklah dalam kesempurnaan islam itu seperti judul blog saya kali ini yaitu disyariatkannya untuk bermusyawarah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dan termasuklah kegiatan demokrasi di dalamnya .

Hal-hal seperti ini senantiasa dicontohkan rasulullah bersama para sahabatnya dalam kehidupan sehari2 .
Banyak firman2 allah yg menjelaskan tentang demokrasi .
Disini saya akan ngebahas 2 surah yg berhubungan dengan demokrasi .

Kamis, 05 Mei 2011

Demokrasi

Demokrasi Islam adalah ideologi politik yang bertujuan untuk menerapkan prinsip-prinsip agama Islam ke dalam kebijakan publik. Ideologi ini muncul pada awal perjuangan pembebasan atas daerah dimandat Britania atas Palestina kemudian menyebar akan tetapi di sejumlah negara-negara dalam pratiknya telah mencair dengan gerakan sekularisasi.


sebagaimana Allah menegaskannya dalam wahyu terakhirnya pada Rasulullah saw.

Yaitu surah al-Maidah : 3
yang artinya :
........ " pada hari ini orang - orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka , tetapi takutlah kepada ku .

Pada hari ini telah aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah kucukupkan kepadamu nikmat - Ku , dan telah Ku-ridai islam itu jadi agamamu ...... "



kandungan dalam Q.s ali imran : 159
yaitu :

  • ada 3 hal yg dilakukan dalam bermusyawarah :
  1. Bersikap lemah lembut , tutur kata yg baik n sopan serta mnghndari sikap keras kepala 
  2. pemaaf , tidak pendendam , dan tidak dengki
  3. mohon ampun dan tawakal terhadap Allah SWT
  • Musyawarah mufakat untuk kebenaran serta tercapai keputusan yang baik .
  • Perbedaan pendapat tidak dilarang dalam islam selama tidak menimbulkan permusuhan atau peperangan .
nah ,  dalam kandungan surah ini telah jelas Allah menegaskan bahwa kita sebagai umat yang bertaqwa kepada Allah hendaknya berlaku lemah lembut terhadap orang - orang yang ada di sekeliling kita , agar kita juga mendapat ridho dari Allah SWT. dan saling menghargai antar sesama
trus nih seperti yang saya tulis tadi ada surah yang kedua yang akan ada sangkut pautnya dengan Islam & Demokrasi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar